Penulis Utama : Ina Marliana Sari
NIM / NIP : R0215046
×

Abstrak

Latar Belakang : Data BPS tahun 2017, angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sebesar 7,23% , hal ini tidak sesuai dengan tujuan Global Status Report on Road Safety untuk menurunkan 50% angka cidera dan kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Di PT. Tiga Serangkai tercatat 9 dari 10 pekerja pernah mengalami kecelakaan hubungan kerja di  lalu lintas. Sehingga diperlukan program kampanye safety riding sebagai salah satu solusi menambah pengetahuan berkendara aman yang dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian kampanye safety riding.
Metode : Jenis penelitian adalah experimental research desain the one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner pengetahuan (pre-test dan post-test). Analisis bivariat variabel penelitian menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian kampanye safety riding (p value = 0,0001). Diketahui bahwa tingkat pengetahuan sebelum kampanye safety riding dengan kategori cukup sebanyak 42,9%, sedangkan tingkat pengetahuan sesudah pemberian kampanye safety riding dengan kategori baik sebanyak 82,9%.
Simpulan : Terdapat Perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian kampanye safety riding pada pekerja unit produksi di PT. Tiga Serangkai.

Kata Kunci : Pengetahuan, Safety Riding, PT. Tiga Serangkai

×
Penulis Utama : Ina Marliana Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215046
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan Tingkat Pengetahuan Sebelum dan Sesudah Pemberian Kampanye Safety Riding pada Pekerja Unit Produksi di PT. Tiga Serangkai
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215046-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti, dr., M.Sc.
2. Haris Setyawan, SKM., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.