Penulis Utama : Kharisma Indianti
NIM / NIP : R0215058
×

Abstrak

Latar Belakang : Pekerjaan sewing merupakan salah satu pekerjaan di industri garmen  yang pekerjanya  berisiko mengalami keluhan muskuloskeletal, hal ini disebabkan karena pekerja seringkali harus mempertahankan posisi duduk statis dalam waktu yang cukup lama tanpa adanya istirahat yang cukup. Hasil survey dengan menggunakan kuisioner Nordic Body Map di PT Surya Abadi Garmen menunjukkan  bahwa  9  dari  15  pekerja  mengalami  keluhan  muskuloskeletal sedang dan 6 lainnya mengalami keluhan muskuloskeletal tinggi. Salah satu solusi alternatif yang dapat mengurangi keluhan muskuloskeletal yaitu Workplace stretching exercise yang merupakan gerakan peregangan otot dan dilakukan tidak lebih dari 10 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keluhan muskuloskeletal sebelum dan sesudah pemberian workplace stretching exercise pada pekerja bagian sewing PT Surya Abadi Garmen.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment one group pre test and post test. Responden diambil dari 37 pekerja bagian sewing. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner Nordic Body Map untuk mengukur keluhan muskuloskeletal. Intervensi diberikan setiap hari selama 6 hari dengan durasi 6 menit. Uji hipotesis dilakukan dengan uji statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon untuk sampel berpasangan.

Hasil : hasil uji statistik Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan keluhan muskuloskeletal sebelum dan sesudah pemberian workplace stretching exercise dengan p-value 0.000. Sebelum pemberian intervensi terdapat 19 pekerja dengan tingkat keluhan muskuloskeletal tinggi dan 18 pekerja dengan tingkat keluhan muskuloskeletal sedang. Setelah pemberian intervensi terdapat 5 pekerja dengan tingkat keluhan muskuloskeletal rendah, 30 pekerja dengan tingkat keluhan muskuloskeletal sedang dan 2 pekerja dengan tingkat keluhan muskuloskeletal tinggi.

Simpulan : Terdapat perbedaan keluhan muskuloskeletal sebelum dan sesudah pemberian workplace stretching exercise yaitu terjadi penurunan keluhan muskuloskeletal sesudah pemberian workplace stretching exercise pada pekerja bagian sewing PT Surya Abadi Garmen Jaten Karanganyar.

Kata Kunci : Keluhan Muskuloskeletal, Workplace Stretching Exercise, Pekerja Sewing

×
Penulis Utama : Kharisma Indianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215058
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan Keluhan Muskuloskeletal Sebelum dan Sesudah Pemberian Workplace Stretching Exercise pada Pekerja Bagian Sewing di PT Surya Abadi Garmen Jaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215058-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yunia Hastami, dr., MMedEd.
2. Mujahidatul Musfiroh,S.Kep.,Ns.,M.Si.Med.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.