Penulis Utama : Anindita Kusumastuti
NIM / NIP : D1616006
×

ABSTRAK

Penyeimbangan ilmu teoritis dan praktis sangat diperlukan bagi mahasiswa, khususnya pada program diploma atau vokasi. Tuntutan untuk siap terjun pada dunia kerja dengan kemampuan yang mumpuni akhirnya menuntut mahasiswa untuk melatih diri dengan melakukan kegiatan magang. Kuliah Kerja Media atau KKM merupakan sebuah program magang yang diselenggarakan oleh Prodi Komunikasi Terapan FISIP UNS. KKM bersifat wajib bagi mahasiswa tingkat akhir dan menjadi salah satu syarat untuk bisa lulus serta mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md). Pada program KKM ini diharapkan agar mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan.
Dalam pelaksanaan KKM, penulis memilih Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki bagian Humas dan Protokol, khusus ditugaskan untuk mengelola arus komunikasi, memberikan penerangan atau informasi kepada publik dan juga menerima aduan dari masyarakat yang digunakan sebagai masukan kepada pimpinan dalam membuat keputusan maupun kebijakan. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik untuk mempelajari tentang bagaimana instansi Pemerintahan membina hubungan yang baik dengan publiknya sehingga tercipta rasa percaya dan saling pengertian juga suasana yang aman, tentram, dan harmonis.
Penyampaian informasi kepada publik merupakan tugas Public Relations pada instansi Pemerintahan. Memberikan edukasi terkait dengan kebijakan dan kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan akan menciptakan rasa saling pengertian sehingga tidak ada hal yang ditutup-tutupi oleh instansi Pemerintahan tersebut. Dalam menyampaian informasi kepada publik, perlu memilih media yang tepat sehingga proses penyampaiannya efektif dan efisien. Masyarakat saat ini dituntut untuk melek teknologi, sehingga penggunaan Media baru yang didalamnya termasuk Media sosial dan laman (website) menjadi media yang efektif dalam penyampaian informasi kepada publik.
Dalam pelaksanaan KKM, penulis mendapatkan pengalaman pada sub bagian Publikasi dan Hubungan Media serta sub  bagian Peliputan dan  Dokumentasi. Penulis juga diikutsertakan pada kegiatan penyampaian informasi kepada publik mulai dari peliputan hingga memantau unggahan melalui Media sosial dan software IMM.  Setelah  melaksanakan  KKM,  penulis  dapat  menarik  kesimpulan bahwa penggunaan Media baru sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada publik dinilai lebih efektif karena feedback dari masyarakat langsung dapat diterima dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan oleh pimpinan instansi Pemerintahan.


Kata kunci : hubungan media, keterbukaan informasi publik, media baru

 

×
Penulis Utama : Anindita Kusumastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1616006
Tahun : 2019
Judul : Aktivitas public relations Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam penyampaian informasi publik melalui media baru (media sosial) dan laman www.humas.jatengprov.go.id
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. DIII Hubungan Masyarakat-D1616006-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wahyuning Chumaeson, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.