Penulis Utama : Nadaa
NIM / NIP : G0015177
×

ABSTRAK

Nadaa, G0015177, 2019. Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di UNS Medical Center. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang: Kepuasan pasien terbentuk dari perbandingan antara harapan pasien sebelum menerima pelayanan  dengan kenyataan setelah menerima pelayanan. Pasien akan merasa puas apabila harapan-harapannya dapat terpenuhi.  Maka dari itu, kualitas pelayanan merupakan salah satu aspek penentu kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi kualitas dengan kepuasan pasien di UNS Medical Center.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, yang dilakukan pada bulan April 2019. Penelitian ini dilakukan pada pasien yang datang ke  UNS Medical Center. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik systematic sampling. Variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan variabel terikat yaitu kepuasan pasien. Cara pengukurannya yaitu menggunakan kuesioner SERVQUAL untuk menilai kualitas pelayanan dan kuesioner kepuasan pasien untuk menilai kepuasan pasien. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS versi 25.0, uji parametrik Pearson dan uji non-parametrik Spearman.
Hasil: Dari 107 sampel yang didapatkan hubungan yang signifikan dan positif antara dimensi kualitas dengan kepuasan pasien, di mana dimensi kehandalan pelayanan r hitung (0,628)> r tabel (0,159), dimensi daya tanggap r hitung (0,625)>r tabel (0,159), dimensi jaminan koefisien korelasinya 0,718>0,05, dimensi empati koefisien korelasinya 0,690>0,05, dan dimensi bukti fisik koefisien korelasinya 0,824>0,05.
Simpulan: Terdapat hubungan yang kuat, signifikan, dan positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di UNS Medical Center. Dengan dimensi yang memiliki hubungan paling kuat adalah dimensi bukti fisik.

Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, UNS Medical Center

 

×
Penulis Utama : Nadaa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015177
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Uns Medical Center
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. Kedokteran-G0015177-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Balgis, dr., MSc, CM,FM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.