Penulis Utama : Kurniawan Sulhan Fathoni
NIM / NIP : D0114071
×

ABSTRAK


Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang digalakkan oleh pemerintah. Dalam RPJMN sektor pariwisata menjadi salah satu dari 5 target utama pembangunan Nasional, yang diatur dalam UU nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan dan d PP Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional tahun 2010 – 2025. Partisipasi masyarakat menjadi kata kunci pada setiap program pengembangan pariwisata, seolah menjadi label baru yang harus melekat pada setiap rumusan kebijakan dan proyek pengembangan pariwisata. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimanakah partisipasi masyarakat serta faktor yang mempengaruhinya dalam pengembangan objek wisata Puncak Secokro.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bentuk partisipasi yang dilihat dengan teori Keith Davis, tahapan partisipasi dengan teori Cohen dan Uphof, dan faktor yang mempengaruhi dengan pendapat Margono. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan validitas data menggunakan metode triangulasi sumber dan metode.

Dalam penelitian ini masyarakat telah berpartisipasi aktif dengan menggunakan berbagai bentuk partisipasi. Namun masyarakat masih belum dapat berpartisipasi dalam tahap pengawasan dikarenakan belum adanya aturan pengelolaan objek wisata yang dapat diakses secara mudah. Masyarakat telah diberi kesempatan, memiliki kemampuan dan memiliki kemauan untuk berpartisipasi dalam pengembangan objek wisata Puncak Secokro ini meskipun secara terbatas.

Kata kunci: Partisipasi masyarakat, Pariwisata, Puncak Secokro

 

 

 

×
Penulis Utama : Kurniawan Sulhan Fathoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114071
Tahun : 2019
Judul : Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Puncak Secokro (Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP,Prodi. Ilmu Administrasi Negara-D0114071-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Didik Gunawan Suharto S.Sos.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.