Penulis Utama : Rohmah Purwanti
NIM / NIP : C0914040
×


ABSTRAK
Rohmah Purwanti. C0914040. Pengembangan Teknik Ikat Celup dan Trapunto untuk Partisi. Tugas Akhir: Jurusan Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas MaretSurakarta.
Kurangnya inovasi dan pengembangan desain dan produk dari teknik ikat celup mengakibatkan menurunnya minat dan daya jual terhadap produk ikat celup dipasaran. Desain dengan bentuk biasa serta produk ikat celup yang hanya dijadikan produk fesyen  tanpa inovasi dan pengembangan menciptakan kesan monoton bagi konsumen. Hal tersebut menjadi tantangan bagi para desainer (pengrajin) untuk menciptakan produk yang berbeda dan memiliki karakter tersendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Penulis mencoba mengembangkan teknik ikat celup dengan kombinasi trapunto dengan tema Alur Kehidupan  pada Tugas Akhir ini. Trapunto berasal dari bahasa Italia yang artinya menjahit kain perca. Trapunto merupakan salah satu keterampilan seni menjahit, dimana beberapa bagian desainnya dihiasi dengan gambar yang berisi gumpalan kapas, wol atau benang, sehingga akan membentuk gambar yang timbul pada permukaan kain.
Pengembangan dan perancangan ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif, yaitu studi literatur terhadap berbagai sumber dan melakukan uji coba visual dan teknik. Perancangan  yang dilakukan menghasilkan delapan desain unik dan menarik, dengan teknik tritik, jumput dan smock dengan kombinasi trapunto yang diaplikasikan untuk produk interior yaitu partisi. Diharapkan dengan dilakukannya Pengembangan Teknik Ikat Celup dan Trapunto untuk Partisi dapat menambah variasi pada produk ikat celup.

Kata Kunci: Ikat Celup, Trapunto, Partisi

 

×
Penulis Utama : Rohmah Purwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0914040
Tahun : 2019
Judul : KOMBINASI TEKNIK IKAT CELUP DAN TRAPUNTO UNTUK PARTISI
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : F. Seni Rupa dan Desain ,Studi Kriya Tekstil-C0914040-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarah Rum Handayani, M.Hum.
2. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.