Penulis Utama : Rizki Darmayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210100
Tahun : 2017
Judul : Peran Humas Pemerintah dalam Kegiatan Media Relations (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Humas Pemerintah dalam Kegiatan Media Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Brand Magelang Kota Sejuta Bunga)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Jur . Ilmu Komunikasi - D0210100 - 2017
Subyek : KOMUNIKASI, HUMAS, HUMAS PEMERINTAH, MEDIA RELATIONS, CITRA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Rizki Darmayanti, D0210100, PERAN HUMAS PEMERINTAH DALAM KEGIATAN MEDIA RELATIONS (Deskriptif Kualitatif Peran Humas Pemerintah Kota Magelang dalam Kegiatan Media Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Brand Magelang Kota Sejuta Bunga), Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Agustus 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi secara detil terkait dengan peranan Humas Pemerintah Kota Magelang sebagai komunikator, fasilitator dan mediator yang dilaksanakan pada kegiatan media relations berupa press release, press conference, press gathering, wawancara media dan liputan media guna meningkatkan citra positif dari brand Magelang Kota Sejuta Bunga. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di wilayah Humas Pemerintah Kota Magelang dan melibatkan tujuh narasumber yang diambil dengan teknik purposive sample, empat dari pihak internal Humas, dan tiga dari pihak media massa cetak dan elektronik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara yang mandalam, observasi, serta pengumpulan bukti-bukti dokumentasi dari kegiatan tersebut. Sebagai teknik untuk memvaliditasi data, penulis menggunakan triangulasi sumber yang mana digunakan untuk mengkroscek kembali keabsahan pernyataan narasumber selama wawancara di lapangan sehingga penulis dapat menarik kesimpulan. Merujuk pada kajian ilmu komunikasi, penelitian ini berfokus untuk melihat unsur komunikator sebagai pemberi pesan yakni adalah Humas Pemerintah Kota Magelang. Dalam penelitian ini penulis mendapati temuan bahwa peran komunikator meliputi pemberian informasi dan pembuatan produk komunikasi di setiap kegiatan media relations press release, press conference, press tour, press gathering, wawancara media serta liputan media. Sementara peran fasilitiator Humas Pemerintah meliputi pelayanan terhadap sarana-prasarana yang dibutuhkan media maupun internal pemerintah dalam kegiatan media relations, menjadi fasilitator komunikasi antara pihak pemerintah dengan media massa atau sebaliknya. Terakhir, peran mediator Humas Pemerintah Kota Magelang diwujudkan dengan membantu memecahkan persoalan yang timbul diantara pemerintah maupun media massa, menjembatani komunikasi diantara keduanya, serta menjadi penterjemah komunikasi yang terjadi di antara pemerintah maupun media massa saat dilangsungkan kegiatan media relations. Terkait dengan peran Humas dalam kegiatan media relations juga terbukti meningkatkan citra positif brand Magelang Kota Sejuta Bunga yang dibuktikan dengan data di lapangan menyebutkan 70?rita muncul di media bersifat positif ditinjau dari judul.

Kata Kunci: Komunikasi, Humas, Humas Pemerintah, Media Relations, Citra

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y., S.Sos, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP