Penulis Utama : Rusfina Febri Andari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816087
Tahun : 2019
Judul : Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosial dan Politik-Program Diploma III Perpustakaan-D1816087-2019
Subyek : PERPUSTAKAAN, PERPUSTAKAAN KELILING, LAYANAN, DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN SUKOHARJO
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penulis melaksanakan magang atau Kuliah Kerja Pusdokinfo karena sebagai proses latihan bekerja untuk mendapatkan pengalaman yang cukup bagi penulis sehingga setelah lulus siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Hal ini sangat penting peranannya dalam penyelesaian Tugas Akhir yang penulis buat, karena Tugas Akhir merupakan karya tulis ilmiah yang penulis buat sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan pendidikan program diploma tiga untuk memperoleh gelar Ahli Madya dalam bidang Perpustakaan. Adapun alasan penulis memilih lokasi magang atau Kuliah Kerja Pusdokinfo (KKP) di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo karena perpustakaan tersebut terbilang cukup maju, dengan menyediakan berbagai kegiatan yang tujuannya untuk mencerdaskan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan tersebut meliputi: kelas menulis, kelas menari, kelas story telling, kelas bisnis online, dan lain-lain. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo juga memiliki koleksi, fasilitas, dan layanan yang lengkap.

Perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak (mobile liberary) dengan membawa bahan pustaka seperti buku,majalah, koran dan bahan pustaka lainnya untuk melayani masyarakat dari suatu tempat ketempat lain yang belum terjangkau oleh layanan perpustakaan umum kota yang menetap.

Layanan perpustakaan keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan 4 kali dalam 1 bulan yang ditujukan untuk seluruh masyarakat Sukoharjo, yang mempunyai tujuan pelayanan yaitu: (1) memasarkan kebiasaaan membaca kepada masyarakat, (2) memberikan fasilitas bacaan kepada masyarakat yang jauh jangkauannya dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo, (3) mempromosikan perpustakaan umum kabupaten Sukoharjo ke masyarakat luas. Dengan membawa bahan pustaka tercetak yang dapat dipinjam untuk dibaca oleh pengunjung perpustakaan keliling menggunakan sistem terbuka (Open Acces).

Dalam melakukan pelayanan perpustakaan keliling mengalami beberapa kendala, namun kendala tersebut dapat diatasi oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo. Dalam melaksanakan magang penulis dapat menambah wawasan serta pengetahuan khususnya dalam pelayanan perpustakaan keliling. Penulis menjadi lebih mengetahui tentang kegiatan dalam layanan perpustakaan keliling, bagaimana prosedur pelayanannya, dan apa manfaat atau tujuan dari dilakukannya layanan perpustakaan keliling.

Kata kunci: Perpustakaan, Perpustakaan Keliling, Layanan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
RUSFINA F A.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Retno Subardiyati, S.Sos, M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP