Penulis Utama : Satrio Putranto
NIM / NIP : K1512053
×

ABSTRAK

PENGARUH FLY ASH SEBAGAI BAHAN TAMBAH BETON RINGAN FOAM TERHADAP BERAT JENIS, KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP AIR, UNTUK MATERIAL DINDING STRUKTUR SEBAGAI SUPLEMEN PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON. Skripsi, Surakarta: FakultasKeguruan dan IlmuPendidikan. UniversitasSebelasMaretSurakarta, November 2016.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: (1) pengaruh penambahan fly ashdan foam terhadap berat jenis beton ringan foam, (2) pengaruh penambahan fly ashdan foam terhadap kuattekan  beton ringan foam, (3) pengaruh penambahan fly ash  dan foam terhadap dayaserap air  beton ringan foam, dan (4) persentase fly ash dan foam pada beton ringan foam yang memenuhi mutu sebagai dinding struktur sesuai SNI 03-3449-2002.
Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental yang dilakukan di laboratorium. Sampel yang digunakan berupa beton ringan foam berbentuk silindersebanyak 120 buahdengandiameter 75 mm dan tinggi 150 mm.Persentase penambahan fly ash terhadap berat pasir adalah 0%, 15%, 30%, 45%, 60%. Sedangkan persentase penambahan volume  foam terhadap volume beton adalah 30%, 40% dan 50%. Pengujian kuat tekan, daya serap air dan berat jenis dilakukan pada saat umur beton 28 hari.
Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapengaruhdaripenambahanflyashdan foampada beton ringan foam. Kuattekanmaksimal yang didapatkandarihasilpenelitianiniadalah 9,412 MPadenganpersentaseflyash60% dan foam20?rivolumebeton ringan foam.Kemudiandayaserap air minimaldalampenelitianiniadalahsebesar 7,869 % denganpersentaseflyash30% dan foam30?rivolumebeton ringan foam. Dalampenelitianinitidakterdapatpersentaseflyashdan foampada beton ringan foamyang memenuhisyaratsebagaidindingstruktur.
Kata kunci: BERAT JENIS, kuattekan, dayaserap air, flyash, beton ringan foam

 

×
Penulis Utama : Satrio Putranto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1512053
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh fly ash sebagai bahan tambah beton ringan foam terhadap berat jenis, kuat tekan dan daya serap air, untuk material dinding struktur sebagai suplemen pada pembelajaran mata kuliah teknologi beton
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1512053-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chundakus Habsya, MS.Ars.
2. Anis Rahmawati, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.