Penulis Utama : Rio Aditya Wahyu Cahyono
NIM / NIP : F3616049
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tingginya angka kecelakaan kerja di Indonesia. Kecelakaan kerja dapat mengakibatkan pegawai mengalami suatu resiko yang mengakibatkan pegawai tidak bisa bekerja kembali. Perlunya produk Asuransi untuk mengcover resiko bagi pegawai. Salah satu perusahaan Asuransi yang dapat mengcover resiko adalah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 dengan produknya Asuransi IDAMAN. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan dan perkembangan Asuransi IDAMAN, mengetahui keunggulan dan kelemahan produk Asuransi IDAMAN, dan mengetahui kendala yang dihadapi dari pelaksanaan Asuransi IDAMAN.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang didapat dari hasil wawancara dengan Ibu Emi  Sulistyowati, S.Si AAAIJ, selaku Pegawai Tenaga Teknik ASKUM dan seluruh staff di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 kantor cabang ASKUM Surakarta. Data sekunder berupa data yang diperoleh dari website dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912, internet, dan studi kepustakaan.
Hasil dari penelitian ini: 1) Pelaksanaan Asuransi IDAMAN sudah terlaksana dengan baik dan perkembangan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2018 terjadi penambahan peserta sebanyak 302 peserta; 2) Keunggulan dari produk Asuransi IDAMAN yaitu:(a) peserta akan mendapat dua manfaat sekaligus, (b) besarnya nilai pertanggungan akan naik setiap tiga tahun, (c) diatur khusus oleh OJK, (d) pengajuan klaim lebih cepat, sedangkan kelemahannya yaitu: (a) tidak dapat diambil sewaktu – waktu, (b) tidak dapat mengcover biaya perawatan jika terjadi kecelakaan kerja, (c) besarnya uang pertanggungan untuk jangka waktu yang sangat lama jumlahnya tidak terlalu besar; 3) Manfaat dari produk asuransi IDAMAN adalah bagi pemegang polis perusahaan tidak lagi merencanakan keuangan pegawai, sedangkan untuk peserta mendapatkan perlindungan kematian dan uang pesangon jika berhenti bekerja; 4) Kendala dari Asuransi IDAMAN adalah apabila suatu perusahaan telat membayar premi.


Kata Kunci : Asuransi IDAMAN, Perkembangan, Keunggulan dan Kelemahan, Manfaat

 

×
Penulis Utama : Rio Aditya Wahyu Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3616049
Tahun : 2019
Judul : Produk Asuransi Idaman (Iuran Dana Mantap) pada Asuransi Jiwa Bersama (Ajb) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Askum Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog, DIII Keuangan Dan Perbankan -F3616049-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lely Ratwianingsih, SE, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.