Penulis Utama : Novitasari Puji Mulyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214033
Tahun : 2019
Judul : Studi tentang Produk Batik di Rumah Industri Batik Adi Busana Desa Cangkol Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Program Studi Pendidikan Seni Rupa-K3214033-2019
Subyek : BATIK TULIS, ADI BUSANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pembuatan batik tulis di rumah industri Adi Busana Desa Cangkol Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo, (2) Visualisasi batik tulis di rumah industri Adi Busana Desa Cangkol Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat proses pembuatan batik tulis di rumah industri Adi Busana Desa Cangkol Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. 

Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informant, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber dan review informant. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Ada empat tahapan dalam proses pembuatan batik, yaitu tahap persiapan, tahap pembatikan, tahap pewarnaan, tahap nglorod, 3) Visualisasi Batik tulis di Adi Busana mempunyai keunikan dan ciri khas, yaitu raut garis pada motif batik tampak kasar, sehingga motif pada batik terlihat berserakan. Kemudian, dalam pembuatan desain motif selalu dilakukan pengembangan baru, namun tetap menggunakan motif dan isen batik kuno dengan ciri khas garis yang kasar, 3) faktor pendukung dalam proses produksi batik di Adi Busana dapat dilihat dari bahan baku yang mudah didapatkan dan keahlian para karyawan yang didapat secara otodidak. Untuk faktor penghambat dapat dilihat dari kurangnya pemahaman tentang kesehatan dan keselamatan kerja, terbatasnya tenaga pembuat pola batik, dan pemasaran masih di lingkup wilayah Indonesia. 

Kata Kunci: batik tulis, Adi Busana

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn
2. Endang Sri Handayani, S.Sn., M.Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP