Penulis Utama : Annisa Tri Utami
NIM / NIP : D1816013
×

ABSTRAK

Alih media adalah transfer informasi dari rekaman yang berbasis kertas ke dalam media lain dengan tujuan efesiensi. Sedangkan naskah kuno adalah darah kehidupan sejarah, naskah tulisan tangan ini dapat dianggap sebagai salah satu represensative, dari berbagai sumber lokal yang paling otoritatif dan paling otentik dalam memberikan informasi sejarah pada masa tertentu. Kegiatan Alih media naskah kuno merupakan salah satu cara melestarikan warisan budaya agar dapat dipelajari generasi selanjutnya.
Hasil dari Kuliah Kerja Pusdokinfo di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah penulis memahami proses alih media naskah kuno dari bentuk kertas  menjadi  bentuk  e-book  yang  dikemas  dalam  bentuk  Cd-room  dan dilayankan di layanan koleksi naskah nusantara. Dengan demikian penulis dapat membantu melayani pemustaka yang ingin meneliti naskah kuno.
Proses alih media naskah kuno di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui beberapa tahapan seperti, 1) Pengambilan Foto 2) Konversi File Raw ke Tiff 3) Editing 4) Konversi File Tiff ke Jpeg 5) Kompilasi File atau penyatuan kembali file digital 6) Pembubuan Watermark 7) Pembuatan flipping book dokumen. Setelah semua proses selesai dilakukan pengemasan kedalam bentuk CD Room

 

×
Penulis Utama : Annisa Tri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816013
Tahun : 2019
Judul : Alih Media Naskah Kuno Kedalam Bentuk Digital di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. D III Perpustakaan-D1816013-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wahyuning Chumaeson, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.