Penulis Utama : Hanifah Dwi Kurniasari
NIM / NIP : K7615028
×

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh secara simultan antara tingkat pengangguran dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap tingkat kemiskinan di Jawa Tengah tahun 2013-2017, (2) menguji pengaruh tingkat pengangguran terhadap tingkat kemiskinan di Jawa Tengah tahun 2013-2017, dan (3) menguji pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap tingkat kemiskinan di Jawa Tengah tahun 2013-2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengangguran dan PDRB. Variabel dependen yaitu kemiskinan. Selain itu variabel kontrol yang digunakan adalah pendidikan dan kesehatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dan menggunakan program komputer Eviews 9.0.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara pengangguran dan PDRB terhadap kemiskinan. Pengangguran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan, dan PDRB berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Pendidikan sebagai variabel kontrol pertama tidak berpengaruh terhadap kemiskinan. Kesehatan sebagai variabel kontrol kedua berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan.

×
Penulis Utama : Hanifah Dwi Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615028
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Tingkat Pengangguran Dan Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Jawa Tengah Tahun 2013-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Pendidikan Ekonomi-K7615028-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Aniek Hindrayani, S.E., M.Si
2. Jonet Ariyanto Nugroho, S.E., M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.