Penulis Utama : Denny Ayu Wardany
NIM / NIP : F1115008
×

ABSTRAK

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dan kendala apa saja yang mempengaruhi perkembangan kinerja UMKM Tenun Lurik ATBM di Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan 75 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, studi pustaka, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara modal, tenaga kerja, lama usaha, gender, dan pendidikan secara bersama-sama terhadap produksi tenun lurik ATBM di Kabupaten Klaten. Kendala yang dihadapi pengusaha tenun lurik ATBM adalah masalah dalam akses permodalan, SDM, manajemen, pemasaran, kemampuan berwirausaha, jaringan sosial, legalitas, teknologi, akses informasi dan dukungan pemerintah. Sedangkan kendala yang dihadapi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Klaten adalah terbatasnya tingkat kualitas SDM aparat, keterbatasan anggaran dana dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Pengusaha tenun lurik harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk tenun lurik mereka dan Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Klaten mengadakan kegiatan untuk membantu pemasaran produk-produk UMKM tenun lurik.


Kata kunci: UMKM, tenun lurik ATMB, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Klaten  

 

×
Penulis Utama : Denny Ayu Wardany
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1115008
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Potensi Internal dan Fasilitasi Pihak Eksternal (Studi Kasus pada Produksi Tenun Lurik ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) di Kabupaten Klaten)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prodi. Ekonomi Pembangunan - F1115008– 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto. M.E
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.