Penulis Utama : Yoan Demes Kusumaningtyas
NIM / NIP : K4212070
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui wujud kesantunan berbahasa pada tindak tutur yang ada pada film pendek Pigura; (2) mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada film pendek Pigura; (3) mengetahui relevansinya sebagai media pembelajaran menyimak di SMP.
 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Data dan sumber data penelitian ini adalah transkrip dialog film pendek Pigura dan informan pakar pembelajaran bahasa, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan siswa SMP. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara mendalam. Pengambilan subjek penelitian berdasarkan purposive sampling atau pertimbangan tertentu. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tindak tutur pada kumpulan dialog film pendek Pigura merupakan tindak tutur yang cukup santun.
Adapun jenis tindak tutur yang ditemukan ialah tindak tutur asertif, tindak tutur direktif, dan tindak tutur ekspresif.  Pada ketiga rekaman dialog yang dijadikan data, ada 76 tuturan. Adapun hasil analisisnya yaitu ditemukan 38 tindak tutur asertif, 24 tindak tutur direktif, 7 tindak tutur ekspresif, 1 nilai religi, 4 nilai moral
atau etika, dan 2 nilai sosial.
 

Kata Kunci: kesantunan, tindak tutur, film pendek, media pembelajaran bahasa Jawa

×
Penulis Utama : Yoan Demes Kusumaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212070
Tahun : 2016
Judul : Analisis Kesantunan Berbahasa dan Nilai-Nilai Pendidikan pada Film Pigura serta Relevansinya Sebagai Media Pembelajaran Menyimak di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur.Pendidikan Bahasa Jawa -K4212070 -2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum,
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.