Penulis Utama : Debora Filiasari
NIM / NIP : K3313020
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran learning together dikombinasi drill and practice dengan bantuan catatan terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono. Objek penelitian adalah kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono. Teknik pengumpulan data aspek kemandirian dan aspek sikap berupa angket, observasi, dan wawancara. Terknik pengumpulan data aspek pengetahuan dan aspek keterampilan berupa tes. Analisis penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model learning together dikombinasi drill and practice dengan bantuan catatan terbimbing dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Persentase ketercapaian kemandirian belajar pada siklus I sebesar 86,67%  dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Ketecapaian prestasi belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 43,33% dan meningkat pada siklus II menjadi 73,33%. Ketercapaian aspek keterampilan pada siklus I sebesar 76,67% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%. Ketercapaian aspek sikap siswa pada siklus I sebesar 100%.

Kata kunci : penelitian tindakan kelas, learning together, drill and practice, kemandirian belajar, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Debora Filiasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313020
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Kooperatif Learning Together Dikombinasi Drill And Practice dengan Bantuan Catatan Terbimbing sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar Siswa dalam Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Kimia-K3313020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D,
2. Dr. Endang Susilowati, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.