Penulis Utama : Desi Nurjayanti
NIM / NIP : K8114017
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan penerapan program TPA untuk anak usia dini di rusunawa Jurug Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah orangtua dan pengelola TPA.
Data yang dikumpulkan oleh peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini yaitu program TPA rusunawa Jurug menggunakan kurikulum yang disusun berdasarkan pada kebutuhan anak sesuai kondisi capaian pengetahuan ilmu agama islam anak dengan mengacu pada pedoman dari Kemenag yang ditambahi dengan muatan lokal rusunawa Jurug. Kegiatan pengelolaan dilaksanakan oleh KAMMI UNS dan paguyuban warga rusunawa Jurug. Kegiatan pengelolaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap administrasi, pembelajaran, dan pendanaan. Kegiatan pembelajaran TPA dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat pada pukul 16.00-20.00. Program  TPA dapat menstimulasi perkembangan anak usia dini melalui pembiasaan dan materi yang diajarkan di TPA.
Kata kunci : program TPA, anak usia dini, rusunawa Jurug

 

×
Penulis Utama : Desi Nurjayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114017
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Program Taman Pendidikan Al Quran untuk Anak Usia 3-6 Tahun (Studi Kasus di Rumah Susun Sederhana Sewa Jurug Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG PAUD-K8114017-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., MA.
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.