Penulis Utama : Wihartini Ayu Kustantini
NIM / NIP : K8115065
×

Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran fonologi terhadap pengenalan huruf melalui kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun.
    Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok A Taman Kanak-kanak pada gugus Aster. Sampel penelitian ini adalah kelompok A TK Warga yang terdiri dari 17 anak sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelompok A TK Al Islam 7 yang terdiri dari 18 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan mengenal huruf anak dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan Validitas isi yang dihitung menggunakan Corrected Item- Total Correlationdan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s  dengan bantuan SPSS 15 for windows. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test dan paired sample t test.
    Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari kesadaran fonologi terhadap pengenalan huruf melalui kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun. Media kartu gambar dapat meningkatkan kesadaran fonologi yang dimiliki oleh anak dalam pengenalan huruf sehingga anak dapat mengenali bunyi, nama serta bentuk huruf meliputi huruf b,c, d,j, t, dan p. Hasil analisis pada data pretest kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 15,18, sedangkan pada data posttest perolehan nilai rata-rata sebesar 20,88 sehingga memperoleh peningkatan sebesar 5,7. Hasil uji independent sample t test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal tersebut didasarkan pengambilan keputusan bahwa nilai signifikan ? < 0>

Kata Kunci : kesadaran fonologi, pengenalan huruf anak usia 4-5 tahun, kartu gambar

 

×
Penulis Utama : Wihartini Ayu Kustantini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115065
Tahun : 2019
Judul : Analisis Pengaruh Kesadaran Fonologi terhadap Pengenalan Huruf Melalui Kartu Gambar pada Anak Usia 4-5 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG PAUD-K8115065-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum
2. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.