Penulis Utama : Revolusi Prajaningrat Saktiyudha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831408030
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Efikasi Diri Dalam Pembangunan Berkelanjutan pada Siswa SMA Ditinjau dari Letak dan Status Sekolah (Studi Pembelajaran Biologi pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA N 3 Sukoharjo, SMA N 1 Bulu, SMA Veteran 1 Sukoharjo, SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Sains-S831408030-2017
Subyek : EFIKASI DIRI, MODEL EXPERIENTIAL LEARNING, KAWASAN PERKOTAAN, KAWASAN PERDESAAN, PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN, LINGKUNGAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model experiential learning terhadap efikasi diri dalam pembangunan berkelanjutan pada siswa di kawasan perkotaan dan kawasan perdesaan; (2) interaksi antara siswa pada kelas yang menerapkan model konvensional dengan metode praktikum dan kelas yang menerapkan model experiential learning dengan letak sekolah terhadap efikasi diri dalam pembangunan berkelanjutan; (3) interaksi antara siswa di sekolah kawasan perkotaan dan kawasan perdesaan dengan status sekolah terhadap efikasi diri dalam pembangunan berkelanjutan.
Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2×2. Populasi penelitian adalah siswa SMA kelas X di SMA N 3 Sukoharjo, SMA Veteran 1 Sukoharjo, SMA N 1 Bulu dan SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari 239 siswa SMA negeri dan swasta pada kawasan perkotaan dan perdesaan di kelas yang menggunakan model konvensional dan model experiential learning. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling. Kelas X2, XA, X4, dan XD menggunakan model konvensional dan kelas X1, XB, X2, dan XB menggunakan model experiential learning. Data dikumpulkan dengan metode angket. Analisis data sesuai deskriptif kuantitatif menggunakan Uji Anova dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor efikasi diri dalam pembangunan berkelanjutan siswa pada kawasan perkotaan adalah 59,63 dan pada kawasan perdesaan adalah 60,93. Kesimpulan penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh model experiential learning terhadap efikasi diri dalam pembangunan berkelanjutan pada siswa di kawasan perkotaan dan kawasan perdesaan; (2) tidak terdapat interaksi antara siswa pada kelas yang menerapkan model konvensional dengan metode praktikum dan kelas yang menerapkan model experiential learning dengan letak sekolah terhadap efikasi diri dalam pembangunan berkelanjutan; dan (3) terdapat interaksi antara siswa di sekolah kawasan perkotaan dan kawasan perdesaan dengan status sekolah terhadap efikasi diri dalam pembangunan berkelanjutan.

Kata kunci    :    efikasi diri, model experiential learning, kawasan perkotaan, kawasan perdesaan, pembangunan berkelanjutan, lingkungan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PERNYATAAN.pdf
01. Cover Tesis .pdf
02. Tesis BAB I.pdf
02. Tesis BAB II.pdf
02. Tesis BAB III.pdf
02. Tesis BAB IV.pdf
02. Tesis BAB V.pdf
02. Tesis Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, M.Si., Ph.D
2. Dr. Suciati, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana