Penulis Utama : Brandon Widjaja Wong
NIM / NIP : G0014057
×

ABSTRAK


Latar Belakang: Aedes aegypti L. merupakan vektor penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dimana tingginya prevalensi dan mortalitas penyakit tersebut menyebabkan  diperlukannya  pengendalian  dengan  pemutusan  rantai penularan pada  stadium  larva  dan  dewasa,  salah  satu  caranya  dengan  menggunakan larvasida. Penggunaan larvasida kimiawi untuk Aedes aegypti L. dalam waktu yang  lama  dan  terus  menerus  menyebabkan  resistensi,  sehingga  diperlukan adanya bahan alternatif sebagai larvasida alami. Daun kesumba diketahui mengandung senyawa saponin, tanin, flavonoid dan ?-caryophyllene yang bersifat larvasida alami, misalnya dalam penelitian ini menggunakan maserat etanol daun kesumba (Bixa orellana L.) terhadap larva Aedes aegypti untuk mengetahui efek maserat terhadap mortalitas nyamuk Aedes aegypti.

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek maserat etanol daun kesumba (Bixa orellana L.) terhadap mortalitas larva nyamuk Aedes aegypti L.

Metode penelitian: Jenis penelitian adalah kuasi ekperimental laboratorium dengan rancangan the post test only controlled group design. Obyek penelitian adalah larva Aedes aegypti L. yang dibagi menjadi 7 kelompok, masing-masing berisi 25  larva nyamuk dan dilakukan pengulangan 6 kali.  Kelompok kontrol negatif menggunakan 100 ml akuades. Enam kelompok lainnya diberi maserat etanol daun kesumba  yang terdiri dari 0,8%; 1,05%; 1,3%; 1,55%; 1,8% dan
2,05%. Pengamatan dilakukan dalam 24  jam kemudian dihitung  jumlah  larva nyamuk yang mati. Data diuji menggunakan Regresi Linear dan Regresi Probit.

Hasil penelitian: Uji Regresi Linear menunjukkan hubungan linear antara peningkatan konsentrasi maserat etanol daun kesumba dengan jumlah mortalitas larva Aedes aegypti L. berdasarkan rumus Y= 0,051+ 0,498X. Hubungan yang erat antara kedua variabel juga ditunjukkan dengan nilai korelasi R sebesar 0,98. Nilai R2  sebesar 0,97 berarti persentase pengaruh variabel maserat etanol daun kesumba terhadap mortalitas larva sebesar 97,0% dan sisanya 3,0% dipengaruhi variabel lain. Hasil Regresi Probit menunjukkan LC50 pada 1,16% dan LC99 pada
2,39%.

Simpulan: Maserat  etanol daun kesumba (Bixa orellana L.) berefek terhadap mortalitas  larva  Aedes  aegypti  L.  sebanding  dengan  kenaikan  konsentrasinya. LC50 sebesar 1,16% dan LC99 sebesar 2,39%.

Kata kunci: daun kesumba (Bixa orellana L.), larva Aedes aegypti L., mortalitas

 

×
Penulis Utama : Brandon Widjaja Wong
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014057
Tahun : 2017
Judul : Efek Maserat Etanol Daun Kesumba (Bixa orellana L.) terhadap Mortalitas Larva Nyamuk Aedes aegypti L.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS – F. Kedokteran, Prodi. Kedokteran - G0014057- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Haryati, M.Kes
2. Yulia Sari, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.