Penulis Utama : Dimas Noviantoro Wahyu Laksono
NIM / NIP : F1314138
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi alokasi belanja modal pemerintah tingkat daerah di seluruh wilayah Indonesia dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), dana bagi hasil (DBH), belanja pegawai, dan jumlah penduduk.
Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan metode eksperimen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki data yang dibutuhkan. Jumlah total sampel yang diuji adalah 308 kabupaten/kota di Indonesia dengan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa DAU, DAK, dan DBH berpengaruh positif dan signifikan terhadap alokasi belanja modal. Belanja pegawai berpengaruh negatif dan signifikan terhadap alokasi belanja modal. Jumlah penduduk tidak berpengaruh signifikan terhadap alokasi belanja modal. Alokasi belanja modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.


Kata Kunci:    dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), dana bagi hasil (DBH), belanja pegawai, jumlah penduduk, alokasi belanja modal, pertumbuhan ekonomi

 

×
Penulis Utama : Dimas Noviantoro Wahyu Laksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1314138
Tahun : 2016
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi alokasi belanja modal dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi daerah (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Akuntansi- F1314138-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Payamta, M.Si., Ak, CPA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.