Penulis Utama : Hesti Kurniawan
NIM / NIP : K1515033
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektifitas pelaksanaan pembelajaran dengan sistem berpindahkelasterhadap hasil belajar peserta didik, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran dengan sistem berpindahkelas pada peserta didik.
Dalam penelitian ini di gunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel purposive. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efektifitas pelaksanaan pembelajaran dengan sistem berpindahkelasterhadap hasil belajar peserta didik kurang efektif ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik, (2) faktor pendukung diperoleh dari perangkat pembelajaran, faktor penghambat berasal dari kurangnya koordinasi antara sarana prasarana dan kurikulum dan pengkondisian peserta didik.

Kata kunci:efektifitas, pembelajaran, berpindahkelas

 

×
Penulis Utama : Hesti Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515033
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas pelaksanaan pembelajaran dengan sistem moving class terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari perencanaan dan proses pembelajaran (studi kasus di SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1515033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, S.T., M.Pd.,
2. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.