Penulis Utama : Latifah Amylia Dinar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615040
Tahun : 2020
Judul : Sumbangan Power Otot Lengan, Kekuatan Genggaman dan Koordinasi Mata-Tangan terhadap Kemampuan Groundstroke Backhand Tenis Lapangan pada Atlet Yunior Solo Raya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5615040-2020
Subyek : POWER OTOT LENGAN, KEKUATAN GENGGAMAN, KOORDINASI MATA TANGAN, GROUNDSTROKE BACKHAND
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pertama, ada tidaknya sumbangan power otot lengan terhadap kemampuan Groundstroke Backhand di Club Solo Raya. Kedua, ada tidaknya sumbangan kekuatan genggaman terhadap kemampuan Groundstroke Backhand di Club Solo Raya. Ketiga, ada tidaknya sumbangan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan Groundstroke Backhand di Club Solo Raya. Keempat, ada tidaknya sumbangan power otot lengan, kekuatan genggaman dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan Groundstroke Backhand tenis lapangan pada atlet yunior Solo Raya.
Populasi dalam penelitian ini adalah atlet yunior tenis lapangan di Solo Raya yang berjumlah 67 atlet dan sampel berjumlah 20 atlet, dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan cara tes dan pengukuran power otot lengan, kekuatan genggaman, koordinasi mata tangan, groundstroke backhand. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic dengan kolerasi menggunakan aplikasi SPSS 23.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, power otot lengan mempunyai sumbangan dengan nilai kontribusi efektif sebesar 29.60%. Kedua, kekuatan genggaman mempunyai sumbangan dengan nilai kontribusi efektif sebesar 24.16%. Ketiga, koordinasi mata tangan mempunyai sumbangan dengan nilai kontribusi efektif sebesar 8.43%. Keempat, power otot lengan, kekuatan genggaman, dan koordinasi mata tangan secara serentak mempunyai sumbangan yang signifikan terhadap groundstroke backhand karena nilai probabilitas pada uji F sebesar 0.000<0>Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : Pertama, ada sumbangan power otot lengan terhadap kemampuan Groundstroke Backhand tenis lapangan pada atlet yunior Solo Raya. Kedua, ada sumbangan kekuatan genggaman terhadap kemampuan Groundstroke Backhand tenis lapangan pada atlet yunior Solo Raya. Ketiga. ada sumbangan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan Groundstroke Backhand tenis lapangan pada atlet yunior Raya. Keempat, ada sumbangan power otot lengan, kekuatan genggaman dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan Groundstroke Backhand tenis lapangan pada atlet yunior Solo Raya.

Kata Kunci : power otot lengan, kekuatan genggaman, koordinasi mata tangan dan Groundstroke Backhand

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanta, M.Pd.
2. Drs. Muhammad Maryanto, M.Kes.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan