Penulis Utama : Marantika Selviana Damayanti
NIM / NIP : K8114037
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui metode jolly phonics pada anak kelompok A TK Dharma Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan gabungan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu anak kelompok A TK Dharma Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 15 anak dengan rincian 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, pemberian tugas, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil persentase ketuntasan menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal huruf semakin meningkat. Persentase ketuntasan pra tindakan sebesar 13,3% atau 2 anak yang tuntas, siklus I sebesar 40% atau 6 anak yang tuntas, dan siklus II 80% atau 12 anak yang tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode jolly phonics dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Dharma Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata Kunci : kemampuan mengenal huruf, metode jolly phonics, anak usia dini

×
Penulis Utama : Marantika Selviana Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114037
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Metode Jolly Phonics untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok A TK Dharma Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Anak Usia Dini-K8114037-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Upik Elok Endang R, M.Pd.
2. Muh. Munif Syamsuddin S.PdI., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.