Penulis Utama : Mayasita Adhasiwi Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3513026
Tahun : 2016
Judul : LERAK DETERGEN : Pemanfaatan Buah Lerak (Sapindus rarak DC.) sebagai Bahan Alternatif Sabun Pencuci Pakaian dengan Aroma Jeruk (Citrus sp.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Pertanian - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Pertanian-Prodi D3 Agribisnis-H3513026-2016
Subyek : LERAK; SAPINDUS RARAK; SAPONIN; SABUN;
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Mayasita Adhasiwi Wulandari H3513026.

LERAK DETERGEN : Pemanfaatan Buah Lerak (Sapindus rarak DC.) sebagai Bahan Alternatif Sabun Pencuci Pakaian dengan Aroma Jeruk (Citrus sp.)
 

Buah lerak (Sapindus rarak DC.) adalah buah yang sering dimanfaatkan untuk mencuci pakaian, sehingga sering disebut sebagai buah sabun. Lerak mengandung senyawa saponin yang dapat menghasilkan busa. Aroma khas lerak dinilai cukup menyengat dan kurang diminati oleh masyarakat, namun cocok digunakan untuk mencuci pakaian berwarna yang mudah luntur dan kain batik. Sabun pencuci pakaian ini dibuat dengan varian baru, yaitu aroma jeruk yang mampu mengurangi aroma khas lerak yang cukup menyengat dengan tambahan minyak esensial lemon dan sunkist. Lerak Detergen dibuat dengan tekstur yang lebih kental untuk mengurangi pemborosan dalam pemakaian dengan tambahan camperlan dan NaCl. Proses produksi Lerak Detergen terdiri dari pemilihan buah lerak, penghancuran, penambahan air dan perebusan, pemisahan ampas dan air lerak, pencampuran dengan camperlan dan NaCl, pencampuran dengan minyak esensial lemon dan sunkist, pengemasan dan pemberian label. Berdasarkan hasil analisis usaha didapatkan nilai R/C ratio 1,20 dan B/C ratio 0,20 yang berarti usaha Lerak Detergen layak dan menguntungkan.

Kata kunci : LERAK; SAPINDUS RARAK; SAPONIN; SABUN;

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
pernyataan 139.pdf
ABSTRAK.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Sri Widadi, MP
2. Susi Wuri Ani, SP., MP.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian