Penulis Utama : Stefanus Erdana Putra
NIM / NIP : G0013221
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Anopheles aconitus [L.] merupakan vektor penyakit malaria. Pemberantasan nyamuk ini menggunakan insektisida kimiawi diketahui telah menyebabkan banyak kerugian dan resistensi, sehingga perlu digunakan bahan alternatif yaitu dengan menggunakan larvasida alami dari tanaman. Daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) mengandung senyawa saponin, tanin, flavonoid, dan alkali fosfatase yang bersifat larvasida alami, sehingga peneliti ingin mengetahui efek ekstrak etanol daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) terhadap mortalitas larva nyamuk  Anopheles aconitus [L.].
Metode penelitian: Jenis penelitian adalah ekperimental laboratorium dengan rancangan the post test only controlled group design. Obyek penelitian adalah larva Anopheles aconitus [L.] instar III yang dibagi menjadi enam kelompok, masing-masing berisi 25 larva nyamuk dan dilakukan pengulangan perlakuan sebanyak empat kali. Kelompok kontrol negatif menggunakan 100 ml akuades. Lima kelompok lainnya diberi ekstrak etanol daun ungu yang terdiri dari 0,2%; 0,35%; 0,5%;  0,65%; dan 0,8%. Pengamatan dilakukan dalam 24 jam kemudian dihitung jumlah larva nyamuk yang mati. Data diuji dengan menggunakan Regresi Linear dan Analisis Probit.
Hasil penelitian: Uji Regresi Linear menunjukkan hubungan antara jumlah larva Anopheles aconitus [L.] yang mati dengan konsentrasi ekstrak etanol daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) memiliki persamaan Y = 0,128 + 1,209 X. Nilai korelasi R sebesar 0,979 menunjukkan hubungan yang erat antara kedua variabel, karena nilai R yang mendekati angka 1 serta R2 sebesar 0,958 yang berarti persentase pengaruh variabel ekstrak etanol daun ungu terhadap mortalitas larva sebesar 95,8% dan sisanya 4,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Analisis Probit menunjukkan LC50 pada 0,294% dan LC99 pada 0,794%.
Simpulan: Ekstrak etanol daun ungu (Graptophyullum pictum [L.] Griff.) berefek terhadap mortalitas larva nyamuk Anopheles aconitus [L.] instar III seiring dengan kenaikan konsentrasinya. LC50 sebesar 0,294% dan LC99 sebesar 0,794%.

×
Penulis Utama : Stefanus Erdana Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013221
Tahun : 2016
Judul : Efek Ekstrak Etanol Daun Ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) terhadap Mortalitas Larva Nyamuk Anopheles aconitus [L.]
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0013221-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.