Penulis Utama : Ita Dwi Purnamasari
NIM / NIP : K3312041
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok Sistem Koloid.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar peserta didik pada materi pokok Sistem Koloid di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Persentase ketercapaian minat belajar 53,85% pada siklus  I, dan meningkat menjadi 76,92% pada siklus II. Persentase ketercapaian peserta didik untuk aspek sikap dan keterampilan pada siklus I adalah 100%. Persentase ketuntasan peserta didik untuk aspek pengetahuan pada siklus I adalah 69,23% kemudian meningkat menjadi 87,18% pada siklus II.

×
Penulis Utama : Ita Dwi Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312041
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MIPA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Kimia-K3312041-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.
2. Dr.rer.nat. Sri Mulyani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.