Penulis Utama : Sidik Purnomo
NIM / NIP : K5411059
×

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatan  motivasi belajar  siswa pada materi pokok permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan melalui penerapan model pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL). 2) Mengetahui peningkatan  hasil  belajar IPS siswa pada materi pokok permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan melalui penerapan model pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL).

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, test dan dokumentasi. Data keterlaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran, sedangkan untuk data kemampuan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat dari 31,25% menjadi 59,38% dan pada siklus II menjadi 81,25% dengan kategori motivasi tinggi. 2) hasil belajar siswa pada siklus I meningkat dari 21,87% menjadi 56,25% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,12%.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta.

Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL),motivasi, hasil belajar

×
Penulis Utama : Sidik Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5411059
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E dalam Mengikuti PelajaraN IPS SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 (Materi Pokok Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya Terhadap Pembangunan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Geografi -K.5411059-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Subandriyo, M.Pd
2. Drs. Wakino, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.