Penulis Utama : Faqih Pramudito
NIM / NIP : D1217014
×

ABSTRAK

Pemerintah Kota Semarang merupakan salah satu instansi pemerintah yang melakukan pemanfaaatan platform sosial media untuk publikasi pesan dan informasi kepada publik. Hal ini membuat komunikasi  yang dilakukan  antara Pemerintah Kota Semarang dengan Publik menjadi dua arah karena masyarakat dapat melakukan tanggapan atau memberikan opini secara langsung pada kolom komentar di masing-masing platform sosial media. Perlu dilakukan strategi yang tepat agar pengelolaan sosial media yang dilakukan dapat memberikan dampak positif bagi citra instansi khususnya opini yang masuk secara langsung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Semarang dalam Pengelolaan Sosial Media untuk Membentuk Citra (corporate image) di Masyarakat Kota Semarang. Hal ini dikarenakan proses pelaksanaan strategi komunikasi meliputi beberapa tahapan Suhandang (2012:142-158) metode pekerjaan seorang humas yaitu dapat dimulai dari penelitian (research), perencanaan (planning), pelaksanaan (action) hingga penilaian dan kontrol (evaluating and controlling).

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada tiga narasumber dari Pemerintah Kota Semarang yang terdiri dari pihak Humas dua orang, dan asisten administrasi umum satu orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif dan menggunakan teknik triangulasi data untuk validitas data. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Humas Pemerintah Kota Semarang dalam melakukan pengelolaan sosial media menjalankan   empat   tahapan   strategi   komunikasi   yaitu:   Tahap   Research (penelitian) meliputi analisis SWOT sosial media Pemerintah Kota Semarang dan melihat opini yang ada di masyarakat terkait dengan Pemerintah Kota Semarang; Tahap Planning (perencanaan) meliputi rencana kerja yang mencakup persoalan mengenai   5W+1H   dalam   hal   pengelolaan  sosial   media;  Tahap  Action (pelaksanaan) meliputi cara penyususnan pesan atau konten yang dipublikasikan serta cara yang dilakukan dalam  penyampaian  pesan  pada  masing-masing platform sosial media yang digunakan; serta Tahap Controlling and Evaluation yang dilakukan Humas Pemerintah Kota Semarang yaitu dengan analisis hasil kerja yang sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan serta mengetahui hambatan  yang terjadi dalam pelaksanan pengelolaan sosial media. Selain itu Humas Pemerintah Kota Semarang mengetahui tingkat keberhasilan dari proses yang telah dilaksanakan dengan menggunakan tolak ukur yang telah ditetapkan.

Kata Kunci : Humas Pemerintah Kota Semarang, Strategi Komunikasi, Pengelolaan Sosial Media, Citra (corporate image)

×
Penulis Utama : Faqih Pramudito
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1217014
Tahun : 2020
Judul : Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Semarang dalam Melakukan Pengelolaan Sosial Media untuk Meningkatkan Citra (Corporate Image) di Masyarakat Kota Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D1217014-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.