Penulis Utama : Sekar Arum Lintang Rembulan
NIM / NIP : E0016396
×

ABSTRAK

Sekar Arum Lintang Rembulan, NIM E0016396, 2020. PERANAN AHLI RUPIAH DALAM PEMBUKTIAN DAKWAAN PENUNTUT UMUM DAN RELEVANSINYA DENGAN PUTUSAN PEMIDANAAN PENGADILAN NEGERI CIBINONG DALAM PERKARA UANG PALSU (STUDI PUTUSAN NOMOR 420/PID.B/2018/PN CBI). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peranan ahli rupiah dalam pembuktian dakwaan Penuntut Umum dalam persidangan perkara uang palsu dan relevansi keterangan ahli rupiah dengan putusan pemidanaan. Ditinjau dari jenis penelitian hukum yang penulis lakukan termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi pustaka, selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode deduktif silogisme untuk menguraikan permasalahan yaitu melalui pengajuan premis mayor kemudian pengajuan premis minor baru ditarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan  pembahasan menunjukan bahwa keterangan ahli yang diajukan Penuntut Umum sudah sah dan sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Pasal 1 angka 28, Pasal 186, Pasal 120 ayat 1, dan Pasal 179 KUHAP, dalam hal ini ahli rupiah berperan untuk membuktikan keaslian barang bukti berdasarkan hasil analisa dan uji laboratorium serta apakah sudah sesuai dengan ciri umum rupiah kertas dalam Pasal 5 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Kemudian mengenai relevansi keterangan ahli rupiah dengan putusan pemidanaan, dalam perkara ini Hakim mempertimbangkan keterangan ahli yang diajukan Penuntut Umum tersebut dikarenakan keterbatasan pengetahuan para penegak hukum mengenai keasilian suatu rupiah maka keterangan ahli menjadi hal yang sangat dipertimbangkan hakim dalam memeriksa dan memutus perkara uang palsu

×
Penulis Utama : Sekar Arum Lintang Rembulan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016396
Tahun : 2020
Judul : PERANAN AHLI RUPIAH DALAM PEMBUKTIAN DAKWAAN PENUNTUT UMUM DAN RELEVANSINYA DENGAN PUTUSAN PEMIDANAAN PENGADILAN NEGERI CIBINONG DALAM PERKARA UANG PALSU (STUDI PUTUSAN NOMOR 420/PID.B/2018/PN.CBI)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.HUKUM - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. HUKUM, Jur. Ilmu Hukum-E0016396-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.