Penulis Utama : Rezi Budiningtyas Ambarwati
NIM / NIP : E0016364
×

ABSTRAK

REZI BUDININGTYAS AMBARWATI. E0016364. TINJAUAN YURIDIS TENTANG PELAKSANAAN PEMUNGUTAN RETRIBUSI TERMINAL DI KABUPATEN SUKOHARJO (Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah yang sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 12 Tahun 2017 tentang Retribusi Daerah). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

 

Retribusi terminal merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah Sukoharjo yang bersumber dari Retribusi Daerah Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan data, target dan realisasi penerimaan retribusi terminal di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2019 terdapat beberapa target anggaran yang belum tercapai.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan pemungutan retribusi terminal serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan retribusi terminal di Kabupaten Sukoharjo. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan pemungutan retribusi terminal di Kabupaten Sukoharjo belum maksimal. Terdapat realisasi retribusi terminal pada tahun 2019 yang belum mencapai target. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemungutan retribusi terminal di Kabupaten Sukoharjo. Faktor pendukungnya yaitu pengorganisasian yang baik, adanya peraturan yang mengontrol dan peningkatan fasilitas terminal. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kendaraan yang tidak beroperasi, kendaraan tidak mau masuk terminal, selain itu masih kurangnya pengawasan secara rutin oleh kepala terminal kepada petugas terminal di lapangan, dan kondisi sarana prasarana di beberapa terminal yang belum memadai.

×
Penulis Utama : Rezi Budiningtyas Ambarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016364
Tahun : 2020
Judul : Tinjauan Yuridis Tentang Pelaksanaan Pemungutan Retribusi Terminal di Kabupaten Sukoharjo (Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 12 Tahun 2017 tentang Retribusi Daerah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukumdan Bisnis, Jur. Ilmu Hukum- E0016364-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Waluyo, S.H.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.