Penulis Utama : Bianda Arabella Murti
NIM / NIP : E0016100
×

ABSTRAK

BIANDA ARABELLA MURTI. E0016100. 2020. Tanggung Jawab Pt Sriwijaya Airlines Terhadap Hilangnya Barang Bagasi Milik Penumpang. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan pelaksanaan tanggung jawab PT Sriwijaya Airlines jika terjadi kehilangan barang bagasi milik penumpang dan mengkaji penyelesaian pelaksanaan tanggung jawab PT Sriwijaya Airlines atas kehilangan barang bagasi milik penumpang. 

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di Perusahaan PT Sriwijaya Airlines Kantor Perwakilan Jakarta. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer menggunakan teknik wawancara (interview) dan observasi sedangkan data sekunder menggunakan teknik studi pustaka. teknik analisis data secara kualitatif.

Hambatan pelaksanaan tanggung jawab PT Sriwijaya Airlines jika terjadi kehilangan barang bagasi milik penumpang adalah adanya hambatan normatif dan non-normatif. Hambatan normatif meliputi: a) aturan kompensasi ganti rugi tidak sesuai dengan kerugian penumpang; b) pengaturan jangka waktu klaim yang lama; c) ketiadaan pengaturan khusus yang mengatur sanksi terhadap perusahaan maskapai yang sering terkena kasus bagasi yang hilang. Sedangkan hambatan non-normatifnya adalah: a) penumpang yang kehilangan tidak mau diberikan kompensasi sesuai dengan peraturan terkait; b) rendahnya pengawasan pelaksanaan tugas di bagian ground handling; c) pemahaman masyarakat yang rendah terhadap barang yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan masuk ke dalam bagasi. Kemudian penyelesaian pelaksanaan tanggung jawab PT Sriwijaya Airlines atas kehilangan barang bagasi milik penumpang dengan menerapkan ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Udara.

Kata Kunci: TANGGUNG JAWAB AIRLINES, BAGASI HILANG.

×
Penulis Utama : Bianda Arabella Murti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016100
Tahun : 2020
Judul : Tanggung Jawab Pt Sriwijaya Airlines Terhadap Hilangnya Barang Bagasi Milik Penumpang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016100-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Munawar Kholil, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.