Penulis Utama : Baharrudy Isa Aulia
NIM / NIP : E0016095
×

ABSTRAK

Baharrudy Isa Aulia, E0016095, 2020. Pelaksanaan Pengelolaan Sampah Plastik Yang Bermuara Di Sungai Bengawan Solo Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta Dalam Mewujudkan Program Kali Bersih Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan sampah plastik yang bermuara di Sungai Bengawan Solo oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dalam mewujudkan program kali bersih. Penulis menggunakan metode penelitian hukum non-doktrinal atau empiris, bersifat deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang dinyatakan oleh responden secara tertulis atau lisan dan perilaku nyata. pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan penelitian lapangan dan studi pustaka yang menggunakan data hukum primair dan sekundair. Analisis secara kualitatif, dari reduksi data dan penyajian data yang dikaitkan sehingga dapat ditarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian sebagai jawaban permasalan penelitian ini,  Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta telah melakukan beberapa upaya dalam pengelolaan sampah plastik di Sungai Bengawan Solo sebagai upaya konservasi sungai dari pencemaran sampah dan pelaksanaan pengelolaan sampah plastik tersebut yang dilakukan melalui pembentukan kelompok kerja sungai dan melakukan sosialisasi padat karya. Pelaksanaan pengelolaan sampah plastik yang bermuara di sungai bengawan solo dilakukan dengan cara pengambilan sampah plastik yang mencemari sungai dilanjutkan pengangkatan oleh armada pengangkut sampah untuk dikirim ke TPA putri cempo agar dapat dilakukan proses lanjutan berupa pemilahan dan pengolahan sampah plastik. Hasil analisis Pengelolaan sampah plastik yang bermuara di sungai bengawan solo telah sesuai dengan tujuan program kali bersih sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 35 Tahun 1995 tentang Program Kali Bersih sehingga pelaksanaan pengelolaan sampah plastik yang bermuara di sungai bengawan solo dapat membantu menujang terselenggaanya program kali bersih.

Kata Kunci : PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK, DINAS LINGKUNGAN HIDUP, PROGAM KALI BERSIH

×
Penulis Utama : Baharrudy Isa Aulia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016095
Tahun : 2020
Judul : elaksanaan Pengelolaan Sampah Plastik Yang Bermuara Di Sungai Bengawan Solo Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta Dalam Mewujudkan Program Kali Bersih
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016095-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pranoto, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.