Penulis Utama : Elvira Chustiana Khoiri
NIM / NIP : K1216029
×

ABSTRAK

 

Elvira Chustiana Khoiri. K1216029. TINDAK TUTUR ASERTIF DALAM INTERAKSI JUAL-BELI DI PASAR BETENG TRADE CENTER (BTC) LANTAI 2 DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR TEKS NEGOSIASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2020.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tindak tutur asertif menyatakan yang digunakan dalam interaksi jual-beli antara penjual dan pembeli di pasar BTC lantai 2 kota Surakarta; (2) bentuk implikatur dari tindak tutur asertif menyatakan yang digunakan dalam interaksi jual-beli antara penjual dan pembeli di pasar BTC lantai 2 kota Surakarta; (3) fungsi implikatur yang muncul dalam tindak tutur asertif menyatakan dalam interaksi jual-beli antara penjual dan pembeli di pasar BTC lantai 2 kota Surakarta; dan (4) relevansi tindak tutur asertif menyatakan dalam interaksi jual-beli antara penjual dan pembeli di pasar BTC lantai 2 sebagai bahan ajar teks negosiasi di Sekolah Menengah Atas.

Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti melakukan observasi di lokasi penelitian untuk mendapatkan data tuturan yang sering digunakan dalam interaksi jual-beli di pasar BTC lantai 2, didukung dengan pengadaan wawancara narasumber berupa guru pendidikan bahasa Indonesia di tingkat SMA.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian pragmatik terkait tindak tutur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi  dengan menerapkan teknik rekam serta teknik simak dan catat, serta didukung dengan wawancara sederhana untuk mendapat data relevansinya dengan pembelajaran materi teks negosiasi. Analisis data menggunakan analisis mengalir dengan mengutamakan penerapan teknik pilah unsur penentu (PUP).

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat 35 variasi data tuturan yang terjadi dalam interaksi jual-beli antara penjual dan pembeli di pasar BTC lantai 2 kota Surakarta. Kedua, dari 35 tuturan asertif menyatakan dalam interaksi jual-beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dikategorikan kedalam dua bentuk implikatur, yaitu konvensional dan nonkonvensional. Ketiga, dari 35 data tuturan dianalisis fungsi implikatur yang muncul dari masing-masing data tuturan dalam interaksi jual-beli antara penjual dan pembeli di pasar BTC lantai 2 kota Surakarta. Keempat, Tindak tutur asertif menyatakan dalam interaksi jual-beli yang muncul di pasar BTC lantai 2 dapat dipertimbangkan sebagai materi ajar teks negosiasi pada kompetensi dasar 4.11 mengkontruksi teks negosiasi untuk kelas X SMA dengan mempertimbangkan variasi serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Kata kunci     : Tindak Tutur Asertif, Menyatakan, Implikatur, Teks Negosiasi.

×
Penulis Utama : Elvira Chustiana Khoiri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216029
Tahun : 2020
Judul : Tindak Tutur Asertif dalam Interaksi Jual-Beli di Pasar Beteng Trade Center (BTC) Lantai 2 dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Teks Negosiasi di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1216029-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.