Penulis Utama : Henry Trias Puguh Jatmiko
NIM / NIP : S841508011
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur percakapan wacana lisan jual beli di Pasar Klewer Surakarta, fungsi bahasa, pemakaian partikel, dan relevansinya  sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia pada teks negosiasi kelas X Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah percakapan antara penjual dan pembeli di Pasar Klewer Surakarta, catatan lapangan, dan guru Bahasa Indonesia kelas X SMA di Surakarta sebagai informan. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data melalui observasi, perekaman, dan wawancara. Uji validitas data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode, triangulasi teori, dan triangulasi sumber serta review informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis).
Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat kesesuaian struktur wacana lisan yang meliputi tindak dan gerak pada percakapan transaksi jual beli di Pasar Klewer Surakarta. Fungsi heuristik mendominasi pada penelitian ini dengan jumlah temuan 70 data. Partikel isyarat bentuk mitra tutur mendominasi pada penelitian ini dengan jumlah temuan 30 data. Terdapat kesesuaian antara wacana lisan transaksi jual beli di Pasar Klewer Surakarta sebagai materi pembelajaran teks negosiasi kelas X SMA dengan silabus kurikulum 2013.

 

×
Penulis Utama : Henry Trias Puguh Jatmiko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508011
Tahun : 2017
Judul : Analisis Wacana Lisan Transaksi Jual Beli di Pasar Klewer Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Teks Negosiasi Kelas X Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841508011-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M. Pd
2. Dr. Edy Tri Sulistyo, M. Pd..
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.