Penulis Utama : Aditya
NIM / NIP : B3217001
×

ABSTRAK
    Penelitian ini mengkaji tentang analisis upaya pengembangan potensi wisata Kampung Joho Kelurahan Manahan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata apa saja yang terdapat di Kampung Joho, upaya pengembangannya, kekuatan dan kelemahan, faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan Kampung Joho.
    Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan upaya pengembangan Kampung Joho sebagai sebuah objek wisata. Metode pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah Kampung Joho menggunakan mural sebagai gagasan utama. Gagasan utama tersebut dikembangkan menjadi kampung ramah anak dan juga ramah lingkungan. Pengembangan secara visual dan program paket wisata dilakukan secara mandiri oleh masyarakat meskipun dengan keterbatasan dana dan lahan. Akan tetapi, Kampung Joho memiliki kegiatan dan visual yang menarik bagi wisatawan.
    Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kampung Joho memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan sebagai objek wisata kampung mural. Atas dasar pengembangan yang telah dilakukan, warga Kampung Joho,wisatawan dan dinas terkait mendukung pengembangan Kampung Joho sebagai objek wisata.
Kata Kunci : Kampung Joho, Potensi Wisata,Upaya Pengembangan, Kampung Tematik, Mural

 

×
Penulis Utama : Aditya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217001
Tahun : 2020
Judul : Upaya Pengembangan Potensi Wisata Kampung Tematik sebagai Daya Tarik Wisata di Joho Kelurahan Manahan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217001-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
2. Dr. Marimin, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.