Penulis Utama : Annisa Astri Alifta
NIM / NIP : E0016068
×

ABSTRAK

Annisa Astri Alifta. E0016068. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN WONOGIRI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERDASARKAN SISTEM ZONASI UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH TANPA DISKRIMINASI DAN BERKEADILAN . FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kebijakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam mengimplementasikan sistem zonasi di Wonogiri yang berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penerimaan Peserta Didik Baru berdasarkan Sistem Zonasi untuk mewujudkan sekolah yang tanpa diskriminasi dan berkeadilan.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah melalui wawancara dan studi pustaka. Analisis hukum menggunakan metode kualitatif.

Sistem Zonasi merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka menghapuskan stigmatisasi sekolah favorit serta memeratakan pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidikan merupakan tugas dan wewenang dari Pemerintah Daerah, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri wajib menyelenggarakan pendidikan berbasis sistem zonasi dengan mendasarkan penyelenggaraannya pada asas tanpa diskriminasi dan berkeadilan. Dalam penetapan Keputusan Bupati Wonogiri tentang pelaksanaan sistem zonasi, sistem zonasi di Kabupaten Wonogiri diselenggarakan berdasarkan zona Rukun Tetangga. Dalam peraturan tersebut masih terdapat wilayah administrasi Kabupaten Wonogiri yang belum masuk kedalam penetapan zona, sehingga terdapat indikasi yang bertentangan dengan prinsip tanpa diskriminasi dan berkeadilan.

Kata kunci: SISTEM ZONASI, KABUPATEN WONOGIRI, DISKRIMINASI, BERKEADILAN

×
Penulis Utama : Annisa Astri Alifta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016068
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Untuk Mewujudkan Sekolah Tanpa Diskriminasi Dan Berkeadilan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Ilmu Hukum- E0016068-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adriana Grahani Firdausy, S.H., M.H
2. Achmad, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.