Penulis Utama : Novia Darmayanti
NIM / NIP : B3217045
×

ABSTRAK
Pariwisata menjadi salah satu sektor penyumbang devisa suatu negara, hal ini dampak dari banyaknya objek wisata baru yang bermunculan untuk menarik para wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata yang dimiliki oleh Objek Wisata Umbul Pelem, kemudian untuk mengetahui upaya pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola umbul, rencana pembangunan objek wsiata, berbagai upaya promosi yang dilakukan pihak pengelola terhadap pemasaran objek wisata dan kendala yang dihadapi dalam melakukan upaya pembangunan di Objek Wisata Umbul Pelem serta solusi dalam menangani kendala yang ada.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan Objek Wisata Umbul Pelem, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Objek Wisata Umbul Pelem memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikembangkan. Adapun potensi yang dimiliki oleh Objek Wisata Umbul Pelem adalah berupa wisata air yang digunakan untuk relaksasi dan wisata kuliner berupa makanan khas dari Umbul Pelem yaitu pecel cenil. Sarana dan prasarana yang tersedia perlu dikembangkan yang lebih baik. Upaya pengembangan yang terlah dilakukan pihak pengelola terkelola dengan baik, sedangkan rencana pembangunan yang dijadwalkan segera mungkin akan dilaksanakan. Selain itu upaya promosi yang dilakukan pihak pengelola belum terlaksana dengan baik sebab belum adanya staf khusus untuk promosi. Pihak pengelola dan masyarakat setempat perlu perhatian lebih dalam memberikan pelayanan terhadap wisatawan mengingat hal ini menjadi faktor kenyamanan bagi wisatawan.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Objek Wisata Umbul pelem memiliki potensi sebagai objek wisata air unggulan di Kabupaten Klaten yang dapat menarik minat kunjung wisatawan. Namun hal ini masih kurang mendapat dukungan dari Pemerintah Dalam dalam upaya peningkatan dan pengembangan Objek Wisata Umbul Pelem

Kata Kunci : Objek Wisata, Potensi Wisata, Umbul Pelem

 

×
Penulis Utama : Novia Darmayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217045
Tahun : 2020
Judul : Analisis Potensi Umbul Pelem sebagai Daya Tarik Wisata Tirta di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217045-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd
2. Dr. Marimin, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.