Penulis Utama : Dedi Usman Munandar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2516015
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Penggunaan Vapor Carburetor Metode Bubbling dan Variasi Bahan Bakar Terhadap Emisi Gas Buang pada Motor Supra X
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Mesin - K2516015- 2020
Subyek : VAPOR CARBURETOR, METODE BUBBLING, BAHAN BAKAR, EMISI GAS BUANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menyelidiki pengaruh penggunaan Vapor Carburetor metode Bubbling terhadap emisi gas buang yang dihasilkan pada sepeda motor Supra X 100 CC tahun 2003, (2) Untuk menyelidiki pengaruh penggunaan bahan bakar pertalite dan pertamax terhadap emisi gas buang pada sepeda motor Supra X 100 CC tahun 2003, (3) Untuk menyelidiki penggunaan Vapor Carburetor dengan metode Bubbling yang menggunakan bahan bakar pertamax dan pertalite terhadap emisi gas buang pada sepeda motor Supra X 100 CC tahun 2003.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian factorial 2X2. Sampel yang digunakan adalah mesin sepeda motor Supra X 100cc tahun 2003 dengan nomor rangka MH1KEVA153K563997 dan nomor mesin KEVAE1561218. Data diperoleh dari pengujian emisi gas buang menggunakan Gas Analyzer yang di pasang pada knalpot sepeda motor Supra X 100CC tahun 2003 dengan  Karburator Konvensional dan Vapor Carburetor pada kondisi putaran mesin idle yaitu 800 rpm – 1.400 rpm dan variasi ariasi bahan bakar pertalite (RON 90) dan pertamax (RON 92). Waktu pengujian yaitu selama 20 detik setelah probe pada alat Gas Analizer dimasukan kedalam knalpot. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif komparatif. Pengujian emisi gas buang ini dilakukan di BLK (Badan Latihan Kerja) Surakarta.
Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah: (1) Penggunaan Vapor Carburetor metode Bubbling menghasilkan emisi gas buang lebih rendah dibandingkan dengan Karburator Konvensional pada sepeda motor Supra X 100cc tahun 2003. (2)  Jenis bahan bakar pertalite lebih sedikit menghasilkan emisi gas buang di banding dengan pertamax. (3) Interaksi pengaruh penggunaan jenis Karburator dan jenis bahan bakar yang menghasilkan emisi gas buang paling rendah adalah kombinasi penggunaan Vapor Carburetor metode bubbling dan pertalite, yaitu sebesar CO 0,43?n HC 280 ppm.

Kata kunci: Vapor Carburetor, Metode Bubbling, Bahan Bakar, Emisi Gas Buang

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Ngatou Rohman, S.Pd.M.Pd. selaku
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP