Penulis Utama : Danu Sugiyatno
NIM / NIP : K5613023
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh latihan shadow badminton terhadap peningkatan keterampilan pukulan lob; (2) pengaruh latihan lempar shuttlecock terhadap peningkatan keterampilan pukulan lob; dan (3) latihan yang lebih baik pengaruhnya antara latihan shadow badminton dan latihan lempar shuttlecock terhadap peningkatan keterampilan pukulan lob.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa putra anggota UKM bulutangkis Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel yang dipilih berjumlah 30 mahasiswa dengan teknik pengambilan probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain two groups pretest - posttest design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes dan pengukuran yaitu tes keterampilan pukulan lob. Analisis data dilakukan dengan teknik uji komparasi ganda dengan taraf signifikansi 0,05 menggunakan program SPSS versi 20.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada pengaruh yang signifikan dari pemberian latihan shadow badminton terhadap peningkatan keterampilan pukulan lob (P < 0 xss=removed> t 8,290 = 3,07 > 2,40).
Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut. (1) pengaruh latihan shadow badminton terhadap peningkatan keterampilan pukulan lob yaitu 22,25 %; (2) pengaruh latihan lempar shuttlecock terhadap peningkatan keterampilan pukulan lob yaitu 17,65%; dan (3) latihan shadow badminton lebih baik pengaruhnya dari latihan lempar shuttlecock terhadap peningkatan keterampilan pukulan lob yaitu 22,25 % > 17,65 %.

Kata Kunci : Latihan Shadow Badminton, Latihan Lempar Shuttlecock, Keterampilan Pukulan Lob

 

×
Penulis Utama : Danu Sugiyatno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613023
Tahun : 2020
Judul : Perbedaan Latihan Shadow Badminton dan Latihan Lempar Shuttlecock Terhadap Peningkatan Keterampilan Pukulan Lob pada Mahasiswa Putra UKM Bulutangkis Universitas Sebelas Maret Tahun 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS - F.KOR, Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga - K5613023 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarjoko Lelono, M.Kes.
2. Hendrig Joko Prasetyo, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.