Penulis Utama : Agista Rizky Narindra
NIM / NIP : K6415002
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kesesuaian antara kompetensi dasar dan indikator substansi materi pembelajaran PPKn pada Kompetensi Dasar  Mengkaji Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila Sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan standar nasional pendidikan; 2) Kesesuaian materi bahan ajar  pada Kompetensi Dasar Mengkaji Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila Sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan putusan akhir Mahkamah Konsitusi mengenai demokrasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen. Pengujian validitas data menggunakan model analisis triangulasi data dan metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian: 1) Substansi materi pembelajaran PPKn pada Kompetensi Dasar Mengkaji Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila Sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang diberikan guru kurang sesuai dengan K.D yang seharusnya sesuai dengan kompetensi profesional guru dikarenakan indikator yang digunakan guru dalam pembuatan RPP belum sepenuhnya sesuai dengan KKO. 2) Bahan ajar pada Kompetensi Dasar Mengkaji Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila Sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 belum sesuai dengan putusan akhir Mahkamah Konstitusi No. 20/PUU-XVII/2020 tentang revisi UU No.7 Tahun 2017.

Kata Kunci: Kesesuaian materi, Kompetensi Profesional, dan Kompetensi Dasar 3.2

 

×
Penulis Utama : Agista Rizky Narindra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415002
Tahun : 2020
Judul : Kesesuaian Materi Pembelajaran PPKN pada Kompetensi Dasar Mengkaji Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila Sesuai Dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Dengan Putusan Akhir Mahkamah Konstitusi (Studi di SMA Negeri 5 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6415002 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Machmud Al Rasyid, S.H., M.Si
2. Wijianto., S.Pd., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.