Penulis Utama : Vera Ayu Santika.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0816130
Tahun : 2021
Judul : Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong di Kelompok Tani Ternak Andini Lestari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Agribisnis - H0816130 - 2021
Subyek : STRATEGI, PENGEMBANGAN USAHA TERNAK, SAPI POTONG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang  mempengaruhi usaha ternak sapi potong di KTT Andini Lestari, merumuskan alternatif strategi, serta menentukan prioritas strategi yang sesuai untuk pengembangan usaha ternak sapi potong di KTT Andini Lestari. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan analitis. Metode penentuan KTT Andini Lestari sebagai lokasi penelitian dilakukan secara sengaja atau purposive. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui teknik   observasi, wawancara, pencatatan dan triangulasi data. Metode analisis data yang digunakan meliputi : (1) Matriks IFE dan EFE; (2) Matriks IE; (3) Matriks SWOT; dan (4) Matriks QSPM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai skor total IFE sebesar 2,543, hal ini mengindikasikan bahwa usaha ternak sapi potong di KTT Andini Lestari memiliki posisi internal yang kuat. Sedangkan nilai skor total EFE sebesar 2,434, hal ini mengindikasikan bahwa usaha ternak sapi potong kurang mampu dalam memanfaatkan peluang atau menghindari ancaman eksternal. Posisi strategis usaha berada pada sel V atau posisi menjaga dan mempertahankan. Alternatif strategi yang dihasilkan yaitu peningkatan praktik usaha penggemukan sapi potong yang berkualitas dan berorientasi pasar, penjualan sapi potong melalui kelompok, peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pendampingan tenaga professional, peningkatan manajemen reproduksi usaha pembibitan sapi potong, peningkatan kualitas sapi potong melalui praktik manajemen pakan yang baik, dan memperkuat peran dan fungsi pengurus kelompok untuk menjalankan kegiatan pencatatan atau recording. Hasil analisis QSPM menunjukkan prioritas strategi yang sesuai untuk diterapkan pada usaha ternak sapi potong di KTT Andini Lestari yaitu peningkatan praktik usaha penggemukan sapi potong yang berkualitas dan berorientasi pasar. Saran yang dapat diberikan kepada KTT Andini Lestari dalam pengembangan  usaha ternak  sapi  potongnya yaitu  menjalin  kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kualitas peternak serta memperluas pasar dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan sapi potong.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wiwit Rahayu, S.P., M.P.
2. Isti Khomah, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian