Penulis Utama : Dyah Kristiani
NIM / NIP : X1808006
×

Tujuan penelitian ini meningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media  manipulatif stik pada siswa kelas II SON Bangunreja 04 Kecamatan Kedungreja  Kabupaten Cilacap pada Semester  genap Tahun Pelajaran 2010/2011. Variabel masalah dan variabel tindakan dalam penelitian adalah hasil belajar matematika dan media  manipulative stik. Tempat dilaksanakannya penenlitian ini di SD Negeri Bangunreja 04. Bentuk dan strategi penelitian adalah Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjeknya adalah seluruh siswa kelas kelas II SDN Bangunreja 04. Sumber data penelitian berasal dari guru dan siswa, hasil belajar  Matematika, dan dokumen pembelajaran Matematika. Teknik pengumpulan data yang  digunakan adalah observasi untuk data keaktifan siswa dan guru, dokumen untuk data proses pembelajaran, dan tes untuk data basil belajar. Validitas data menggunakan validitas  isi. Teknik analisis menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar matematika   dengan  menggunakan media manipulatif stik. Hal itu dapat ditunjukkan dari data perubahan hasil tes dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II sebagai berikut: 54,71; 69,41; dan 85,29. Dengan demikian diharapkan dalam pembelajaran Matematika  dengan media manipulatif stik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN Bangunreja 04 Cilacap pada Semester Genap Tahun 2011.

×
Penulis Utama : Dyah Kristiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X1808006
Tahun : 2011
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Melalui Media Dahan Manipulatif Stile Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Bangunreja 04 Tahun Pelajaran 2010/2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Program Studi : S-1 PJJ
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - X1808006 - 2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M. Pd
2. Drs Sadiman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.