Penulis Utama : Sri Kunanti
NIM / NIP : X4710115
×

Sesuai dengan tujuan bahwa penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Widuri Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 dengan memodifikasi sarana pembelajaran Pendidikan Jasmani Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Widuri Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 25 orang yang terbagi atas 14 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes kemampuan gerak tolak peluru tanpa awalan dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif, kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa melalui modifikasi alat bantu pembelajaran bola dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa Kelas V SD Negeri 03 Widuri Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013. Dari hasil analisa yang diperoleh terdapat peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus (24%), siklus I (56%), siklus IT (90%), sehingga peningkatan dari pra siklus hingga siklus II (60%). Hasil belajar siswa juga meningkat dari pra siklus hanya 6 siswa yang mencapai nilai di atas KKM, pada pembelajaran siklus II, 21 siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Simpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran tolak peluru melalui modifikasi alat bantu pembelajaran bola dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru siswa kelas V SD Negeri 03 Widuri Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang.

Kata  kunci  :   diskusi kelompok, peragaan gerakan,  unjuk kerja, pengetahuan.

×
Penulis Utama : Sri Kunanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4710115
Tahun : 2013
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Melalui Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Bola Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Widuri Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4710115 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hanik Liskustyawati, M.Kes
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.