Penulis Utama : Prayudha Ashfary Mamroe
NIM / NIP : I0116100
×

ABSTRAK

Prayudha Ashfary Mamroe, 2020. Pengaruh Umur Dan Kapasitas Mesin Serta Jarak Tempuh Kumulatif Kendaraan Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Roda Empat Berbahan Bakar Bensin. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

 

Salah satu penyebab jumlah emisi akibat gas buang kendaraan sulit diidentifikasi adalah tidak adanya database faktor emisi yang sesuai untuk kondisi Indonesia. Dilatarbelakangi situasi ini maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun model perhitungan emisi gas buang berdasarkan faktor yang paling signifikan mempengaruhi besarnya emisi gas buang kendaraan. Variabel yang diduga mempengaruhi besarnya emisi gas buang kendaraan adalah umur mesin, kapasitas mesin, dan jarak tempuh kumulatif kendaraan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi untuk membangun model matematis faktor emisi gas buang kendaraan. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan analisis regresi stepwise terhadap data sekunder pengujian emisi kendaraan bermotor roda empat dengan bahan bakar bensin. Analisis ini menggunakan bantuan software IBM SPSS V21. Dari analisis ini didapatkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap besarnya emisi adalah umur mesin. Dengan model matematisnya adalah Y = 0,0036 X1 - 0,003 untuk gas buang CO, Y = 0,727 - 0,005 X1 Untuk gas buang CO2, dan Y = -0,0000262  + 0,00005185 X1 untuk HC dimana Y adalah besar emisi gas buang kendaraan sedangkan X1 adalah umur mesin kendaraan. Model model ini menghasilkan faktor emisi gas buang untuk kendaraan dengan umur umur mesin tertentu. Penerapan faktor emisi gas buang ini untuk kasus jalan Slamet Riyadi Solo menghasilkan total emisi gas buang selama satu hari adalah sebesar 1141,8248 kg/hari, 34451,2080  kg/hari, dan 17,293 kg/hari, untuk berturut turut CO, CO2 dan HC.

 

Kata Kunci: emisi, gas buang, faktor emisi, bensin, stepwise, emisi harian.

×
Penulis Utama : Prayudha Ashfary Mamroe
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116100
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Umur Dan Kapasitas Mesin Serta Jarak Tempuh Kumulatif Kendaraan Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Roda Empat Berbahan Bakar Bensin The Effect Of Machine Age, Machine Capacity, And Mileage To Emission On Gasoline Fuel Vehicle
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I0116100 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Florentina Pungky P, S.T., M.T
2. Ir. Budi Utomo, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.