Penulis Utama : Resnu Adi Wicaksono
NIM / NIP : I0116106
×

ABSTRAK

Resnu Adi Wicaksono, 2020. Penerapan Value Engineering Pada Metode Kerja Pekerjaan Drainase Perkotaan (Studi Kasus : Proyek Penataan Koridor Jalan Gatot Subroto – Jalan Dr. Radjiman Surakarta). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Proyek Penataan Koridor Jalan Gatot Subroto ini dilaksanakan pada Tahun 2016, proyek ini mengalami pembengkakan dana dan keterlambatan waktu. Maka dari itu digunakan analisis Value Engineering untuk mengetahui bagian mana yang dapat diperbaiki sehingga tidak mengalami kerugian dan proyek selesai tepat waktu. Setelah dilakukan analisis Value Engineering disimpulkan bahwa pembengkakan dana dan keterlambatan waktu terjadi karena metode existing pada pekerjaan galian yang salah, maka dari itu digunakan metode alternatif.

Setelah dilakukan analisis Value Engineering, dilakukan perbandingan dengan menggunakan metode Paired Comparisons Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode alternatif yang penulis gunakan sudah terbukti dapat menghindarkan proyek dari kerugian dan keterlambatan waktu. Kerugian yang dapat dihindari jika metode alternatif digunakan sejak awal sebesar Rp 400.496.783,82 atau 2,74?ri nilai awal kontrak yang berjumlah Rp 14.598.500.000,00

Data primer diperoleh dari PT. YATNOSONS sebagai kontraktor, yaitu berupa rencana anggaran biaya, design struktur, dan dokumen kontrak.

Kata kunci: Value Engineering, Paired Comparisons Analysis, Metode Kerja, Drainase, Pekerjaan Galian

×
Penulis Utama : Resnu Adi Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116106
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Value Engineering Pada Metode Kerja Pekerjaan Drainase Perkotaan (Studi Kasus : Proyek Penataan Koridor Jalan Gatot Subroto – Jalan Dr. Radjiman Surakarta) Implementation Of Value Engineering In The Construction Method Of Urban Drainage Project (Case Study : Road Corridor Of Gatot Subroto Street – Dr. Radjiman Street Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0116125 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Sugiyarto M.T.
2. Ir. Ary Setyawan M.Sc.,P.hD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.