Penulis Utama : Aditya Lsmoyojati
NIM / NIP : K7108069
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament atau Group Investigation terhadap hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Baki tahun ajaran 2012/2013.
Bentuk penelitian ini Quasy Experimental Research (Penelitian Eksperimental Semu) dengan desain Posttest Only Group Design, yaitu melihat perbedaan pencapaian hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan di antara kedua kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Sampel yang diambil adalah 30 orang siswa kelas V SDN 01 Bakipandeyan untuk model pembelajaran TGT dan 33 orang siswa kelas V SDN 01 Kadilangu untuk model pembelajaran GI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan baik untuk uji keseimbangan maupun uji hipotesis adalah uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat dengan uji normalitas, dan uji homogenitas.
Berdasarkan basil uji hipotesis dengan I-test diperoleh nilai hitung lebih besar dari tabel (2,554 > 2,000) sehingga H0 ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar di antara kedua kelompok perlakuan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yaitu 85,46 lebih besar dari rata-rata nilai hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yaitu 79,83. Hasil ini menunjukan bahwa basil belajar siswa yang diberi perlakuan model Group Investigation (GI) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).
Simpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih efektif dibanding model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya.

 

×
Penulis Utama : Aditya Lsmoyojati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7108069
Tahun : 2013
Judul : Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Benda dan Sifatnya Pada Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7108069 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si
2. Drs. Djaelani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.