Penulis Utama : D. Tahyuddin
NIM / NIP : S340908026
×

Tujuan penelitian adalah : I). Untuk mengetahui Apakah penerapan Akad Ijaroh Muntahiyah Bittamlik Pada Banlc Muamalat Indonesia Cabang Surakarta sudah sesuai dengan prinsip Syariat Islam?; 2). Untuk mengetahui apakah penerapan mekanisme Akad ljaroh Muntahiyah Bittamlik Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Surakarta sudah sesuai dengan prinsip Syariat Islam dan peraturan perundangan yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 21Tahun 2008 tentang Pemakan Syari'ah.

Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat Sosiologis (non doktrinal) karena dalam penelitian ini hukum   dikonsepsikan sebagai manifestasi makna• makna simbolik prilaku sosial sebagai tampak dalam interaksi mereka  dengan mengambil lokasi penelitian di Kantor Bank Muanalat Indonesia Cabang Surakarta. Pengumpulan data   dilakukan dengan wawancara. observasi dan dokumentasi guna mendapatkan data primer dan sekunder. Analisis datanya menggunakanmetode Kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Akad ljaroh Muntahiyah Bittamlik pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Surakarta dari segi penerapan A1cad sudah sesuai dengan prinsif syari' at Islam dan peraturan perundang•undangan, akan tetapi dari segi peoerapan mekanisme Akad ljaroh Muntahiyah Bittamlik ada pasal tentang penyelesaian perselisihan atau sengketa didalam akad yang belum sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yaitu pasal 49 Undang•undang nomor 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama dikatakan bahwa Pengadilan Agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara ditingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang a. Perkawinan; b. waris; c. wasiat; d. Hibah, e.Wakaf; f. Zakat; g.infaq; h.shodaqoh dan i. ekonomi syariah. Dalam bagian penjelasan yang dimaksud ekonomi syariah antara lain; a. Bank Syari'ah. Dan pasal 55 ayat  (1) Undang-undang   nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, yang berbunyi Penyelesaian sengketa Perbankan Syari'ah   dilakukan oleh Pengadilan dalam linngkungan Peradilan Agama.

×
Penulis Utama : D. Tahyuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S340908026
Tahun : 2010
Judul : Implementasi Akad Ijarod Muntahiyah Bittamlik Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Surakarta Setelah Berlakunya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syari'ah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2010
Program Studi : S-2 Ilmu Hukum Islam
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum, Magister Ilmu Hukum - S.340908026 - 2010
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. . Prof. Dr. H. Muchsin, SH,
2. Dr. Supanto, SH.,Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.