Penulis Utama : Adinda Asri Ramadhanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3217001
Tahun : 2022
Judul : Video Tutorial Penciptaan Desain Motif Batik Ikon Boyolali Di Workshop Sriekandi Patra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Adinda Asri Ramadhanti. VIDEO TUTORIAL PENCIPTAAN DESAIN MOTIF BATIK IKON BOYOLALI DI WORKSHOP SRIEKANDI PATRA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2021.

Tujuan dalam penelitian ini adalah Menciptakan sebuah media pembelajaran berbentuk video tutorial dalam penciptaan desain motif batik di workshop Sriekadi Patra yang dapat meningkatkan pengetahuan dalam pembuatan desain motif batik dengan menggunakan sumber ide lokal ikon kota Boyolali.

Penelitian dan Pengembangan ini Research and Development (R&D) mengacu pada model Sugiyono (2015) dengan mengggunakan 8 langkah yaitu: 1) analisis potensi  dan masalah, 2)pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk (skala terbatas), 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian (Uji coba lapangan skala luas). Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa: 1) Media Video Tutorial Proses penciptaan Desain Motif Batik menggunakan sumber ide Ikon Kota Boyolali yang diwujudkan dalam sebuah video pembelajaran dengan durasi 10 menit 44 detik, dengan tahapan proses penciptaan dari eksplorasi, perancangan dan perwujudan, yang telah dilakukan validasi dari dosen ahli media dengan capaian persentase sebesar 100%.  2) Desain Motif Batik Ikon Boyolali yang diciptakan peneliti sebanyak 3 desain motif batik dengan validasi dosen ahli materi dengan capaian persentase sebesar 77%, persentase kemenarikan 95% untuk instruktur, 91,75% untuk peserta didik dan 96% untuk pegawai CSR Pertamina fuel Teras Boyolali. Dengan keseluruhan persentase penilaian media video dan desain batik yang bersumber dari ikon kota Boyolali dapat dikatakan menarik dan memiliki kualitas yang sangat baik sehingga dapat menjadi inovasi dalam meningkatkan kreativitas peserta didik workshop dalam menciptakan sebuah desain batik dan melestarikan kearifan lokal kota Boyolali dengan karya batik tulis.  

 

Kata kunci : pengembangan, video tutorial, desain motif batik, ikon Boyolali

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Halaman Cover_.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edi Kurniadi, M.Pd
2. Endang Sri Handayani, S.Sn.,M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP