Penulis Utama : Zulfa Nur Widowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217065
Tahun : 2021
Judul : Tindak Tutur Direksi dan Strategi Kesantunan dalam Talk Show Pas Buka pada Kanal Youtube Trans 7 Official
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Zulfa Nur Widowati. B0217065. 2021. Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan dalam Talk ShowPas Buka pada Kanal Youtube Trans7 Official. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam talk show Pas Buka pada kanal youtube Trans 7 Official? dan (2) Bagaimana penggunaan strategi kesantunan yang terdapat dalam talk show Pas Buka pada kanal youtube Trans 7 Official?

Tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) Mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam talk show Pas Buka pada kanal youtube Trans 7 Official dan (2) Mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan yang terdapat dalam talk show Pas Buka pada kanal youtube Trans 7 Official

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu talk show Pas Buka pada kanal youtube Trans 7 Official. Dalam sumber data tersebut, dipilih tiga episode dengan penonton atau viewers youtube terbanyak dan bintang tamu yang menarik. Selain itu, dilihat dari tingkat keakraban antara bintang tamu dan pembawa acara setiap episodenya yang berbeda. Selanjutnya, data pada penelitian ini berupa dialog antara pemain talk show, penonton, dan bintang tamu yang mengandung tindak tutur direktif dan menggunakan strategi kesantunan dalam talk show Pas Buka pada kanal youtube Trans 7 Official yang dilihat dari penanda lingual dan konteks yang mencakupnya. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode kontekstual. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.   

Hasil analisis data dalam penelitian ini ditemukan beberapa hal. Pertama, ditemukan enam  jenis tindak tutur direktif dalam penelitian ini, yaitu tindak tutur meminta; tindak tutur bertanya; tindak tutur menyuruh; tindak tutur melarang; tindak tutur mengajak; dan tindak tutur menyarankan. Kedua, ditemukan empat strategi kesantunan dalam penelitian ini, yaitu strategi tanpa basa-basi; strategi kesantunan positif; strategi kesantunan negatif; dan strategi samar-samar. Kemudian, ditemukan juga gabungan antar strategi kesantunan negatif; kombinasi strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif; dan kombinasi strategi kesantunan positif dan strategi samar-samar.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya